Selamat Datang di Blog Saras

SELAMAT DATANG DI BLOG SARASWATI
Want to be clever joint with us ! MAP UNSOED...

Jumat, 25 Maret 2011

PERSIAPAN PROGRAM E-KTP DI KABUPATEN WONOSOBO

Dasar Persiapan Pelaksanaan di Kecamatan : Hasil Rakor Kasi Pemerintahan se-Kabupaten Wonosobo pada hari Rabu tanggal 23 Maret 2011, dengan agenda :
1. Ceking Perangkat Infrastruktur berupa : PC, Printer, Daya (Listrik),Mesin Laminating, Camera/web cam, Jaringan, karena pelaksanaan program ini sangat tergantung pada internet.
2. Bintek bagi operator KTP
3. Sosialisasi agenda yang harus disiapkan oleh Kecamatan.
4. Sosialisasi agenda yang harus disiapkan oleh Desa/Kelurahan.
5. Sosialisasi kepada masyarakat terhadap program E-KTP.

Kendala yang dihadapi dalam persiapan pelaksanaan Program E-KTP di Wonosobo :
1. Perangkat Infrastruktur yang belum memadai, sebagai contoh : Komputer dalam kondisi tua (sehingga sering error), jaringan internet yang lemah, sehingga loadingnya terlalu lama (sehingga proses input data menjadi lama).
2. SDM Operator yang kurang baik dalam kuantitas maupun kualitasnya (dalam pelaksanaan E-KTP diperlukan minimal  4 orang petugas, sedangkan kenyataan yang ada sekarang hanya ada 2 petugas dan itu pun merangkat dengan tugas yang lain.
3. Masyarakat sudah terlalu jenuh dengan adangya pergantian program KTP yang terlalu cepat di Kabupaten Wonosobo, dari tahun 2007 s/d 2011 ini telah terjadi 3 kali perubahan program KTP.
4. Tidak ada insentif tambahan bagi petugas operator meskipun harus kerja lembur.
5. KTP yang lama masih berlaku masyarakat enggan membuat yang baru, apalagi keberadaan E-KTP juga kurang mempunyai nilai lebih dalam pemanfaatannya bagi masyarakat.

Menjadi tugas berat bagi kami di Kecamatan yang langsung berhadapan dengan masyarakat, kalau hal ini tidak diimbangi dengan keseriusan dari para pengambil kebijakan di tingkat Kabupaten.



















Dilihat dari manfaat/nila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar