Selamat Datang di Blog Saras

SELAMAT DATANG DI BLOG SARASWATI
Want to be clever joint with us ! MAP UNSOED...

Minggu, 20 Maret 2011

PROFIL DESA/KELURAHAN


Salah satu penerapan e-Government di Indonesia, khususnya di Kabupaten Wonosobo adalah tersusunnya profil desa dan kelurahan yang berbasis keluarga. Jadi dalam penyusunan profil ini diawali dengan pendataan masing-masing keluarga, yang diharapkan dapat menyuguhkan data keluarga dalam satu desa-kecamatan-kabupaten, dimana dalam profil tersebut kita bisa mengetahui kondisi data keluarga, potensi ekonomi suatu desa, kondisi geografis, demografis satu desa, serta kondisi pemerintahan di satu desa, yang tentunya diharapkan data tersbut bisa di update setiap 6 bulan sekali. Tahapan pelaksanaan penyusunan profil desa/kelurahan, antar lain :
  1. Workshop persiapan sistem aplikasi yang akan diterapkan. Kabupaten Wonosobo mempunyai terobosan tersendiri dalam penyusunan profil desa/kelurahan, karena sistem aplikasi yang digunakan merupakan gabungan dari 3 sistem aplikasi, yaitu Simpedes dari Bappenas, Profil Desa/Kelurahan dari Depdagri dan Sim Data Desa dari Depdagri pula. Jadi diharapkan dengan penerapan satu sistem tetapi dapat menjawab berbagai kebutuhan yang dibutuhkan dari ketiga SIM tersebut (telah dilaksanakan pada tgl 10-11 Januari 2011).
  2. Pelaksanaan pelatihan/bintek bagi operator/pengentry data keluarga bagi desa, sebagian telah dilaksanakan pada tahun 2010, dan selanjutnya akan dituntaskan pada bulan April 2011.
  3. Agenda selanjutnya adalah pendataan di masing-masing desa (bulan Mei 2011)
  4. Entry data dilaksanakan pada bulan Juni 2011, sehingga diharapkan pada bulan Juli 2011 profil desa/kelurahan se-Kabupaten Wonosobo dapat tersusun secara keseluruhan.
Untuk pelaksanaan tersebut tentunya membutuhkan dana yang besar, untuk pelatihan dilaksanakan kerjasama dengan FNS dari Jerman sedangkan untuk pelaksanaan di tingkat desa dialokasikan dari ADD TA. 2011.
Semoga program ini dapat segera terlaksana....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar